About Irma

As Color Expert

Sejak kecil saya peka akan warna. Selain rela batal memiliki sesuatu bila warnanya tidak cocok. saya juga suka paduan tidak lumrah. Guru di SD pernah berkomentar bahwa gambar saya ‘norak’ karena memadu hijau dengan ungu. Waktu itu saya sedih, tetapi 15 tahun kemudian tersenyum ketika paduan hijau-ungu menjadi trend…

Profesi sebagai ‘Color & Image Consultant’ saya mulai tahun 1995 setelah ‘belajar warna’ dari para pakar warna di USA. Lewat “RonaGaya Color & Image Consultancy”, saya memberi konsultasi pribadi/profesional, juga ‘Color for Business & Industry’. Saya menulis buku tentang seluk-beluk warna berjudul “WARNA bagi Citra & Penampilan” (2004) terbitan Femina Group.

 

As Fashion Writer

Karir saya sebagai penulis mode dimulai bersamaan dengan lahirnya majalah Femina akhir 1972. Selama beberapa dekade saya meliput fashion events di pusat2 mode dunia, mewawancarai perancang/tokoh2 mode dalam dan luar negeri, serta terlibat dalam 1001 kegiatan mode di antaranya melahirkan ‘Lomba Perancang Mode’ tahun 1979. Tahun 2011, saya menulis buku “Kamus Mode Indonesia” terbitan Gramedia.

Tahun 2007 saya menerima penghargaan “Aspirasi & Inspirasi Wanita Indonesia” dari Majalah Femina sebagai penulis/fashion editor pertama di Indonesia. Tahun 2014, menerima penghargaan “Apresiasi Khusus untuk Irma Hardisurya atas Prakarsa dan Dedikasi Mengembangkan Jurnalisme Mode Indonesia”, dalam acara khusus TRIBUTE TO IRMA HARDISURYA di ajang ‘Jakarta Fashion Week 2015’.

As designer

Cikal-bakal saya ‘belajar’ mode dimulai sejak usia dini. Sebagai anak kecil, saya getol membolak-balik halaman mode, corat-coret sketsa, menentukan model baju sendiri hingga mencatat istilah2 mode. Saat remaja, saya  belajar pola dan menjahit dari Ibu, selesai kuliah belajar pola dan jahit di Eropa. Awal 1970-an, ikut membentuk dan menjadi pengurus PAPMI- Bandung (Perhimpunan Ahli Perancang Mode Indonesia). Sebagai desainer, saya pernah memimpin perusahaan garmen, mengajar di sekolah mode, merancang koleksi busana untuk label sendiri maupun perusahaan, juga desain seragam. Akhir tahun 2000, membuka butik “Rumah RonaGaya” di Jakarta.

 

Leave a reply